Sejarah Komputer Dunia Bagian 2

Hai, bertemu lagi dengan saya. Sebelumnya telah dijelaskan tentang Sejarah Komputer pada masa sebelum 1945 yang menjelaskan alat hitung yang digunakan pada masa tersebut. Untuk yang belum baca klik disini --> Sejarah Komputer Dunia Bagian 1
Sekarang saya akan membahas materi Sejarah Komputer Dunia dari generasi ke generasi.


1. Komputer Generasi Pertama
        Komputer generasi pertama muncul pada saat perang dunia kedua, ketika negara-negara yang terlibat dalam peperangan tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategi yang dimiliki komputer.
Komputer z3

        Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membuat sebuah komputer, z3 untuk membangun sebuah peluru kendali dan pesawat terbang. Namun, di pihak sekutu pula membuat kemajuan pengembangan dibidang kekuatan komputer. Pada tahun 1943, Inggris membuat komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan colossus, untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Meskipun dampak pembuatan colossus tidak mempengaruhi perkembangan industri komputer, karena colossus bukan komputer serba guna dan keberadaan mesin ini dijaga rahasia selama 1 dekade.
        Ada pula perkembangan komputer lain yaitu Electronic Numerical Integrator and komputer (ENIAC) yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintahan Amerika Serikat dan Universitas Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5juta titik 7 solder, komputer tersebut merupakan komputer yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kw. Komputer yang dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980). Komputer ENIAC ini merupakan komputer seba guna dan 1000 kali lebih cepat.
ENIAC

        Pada pertengahan 1940, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan team University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesign Electronic Discrete Variable Automatic komputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.  Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaanya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan central (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
EDVAC

         Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer) yang dibuat oleh Remington Ran, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model yang digunakan oleh Von Neumann. Badan Sensus Amerika Serikat maupun General Electric memiliki UNIVAC. Hasil yang mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah berhasil memprediksi kemenangan Dwilight D. Elsenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
UNIVAC

        Ciri komputer generasi pertama adalah pengunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa itu sangat besar) dan silinder magnetic untuk penyimpanan data.
        Jadi, ciri dari komputer generasi pertama ialah
  • Ukuran Komputer masih terlalu besar dan membutuhkan ruangan yang luas
  • Membutuhkan daya yang sangat besar
  • Suhunya cepat panas dan membutuhkan pendingin ya


2. Komputer Generasi Kedua (1959 - 1964)

        Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh besar pada perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di tv, radio, dan komputer.
       Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer dengan cepat dari tahun 1959-1960. Bahkan beberapa instansi dari perusahaan, universitas, dan pemerintahan telah memanfaatkan kecanggihan alat ini yang mana ukurannya lebih kecil dibanding komputer generasi kedua. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Spray-Rand membuat komputer bernama LARC.
        Beberapa bahasa pemograman sudah mulai muncul pada saat itu. Bahasa pemograman common Bussines-Oriented Language (COBOL) dan formula translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan bahasa mesin yang rumit dengan kata – kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Dan juga muncul berbagai macam karir baru bermunculan (Programer, analyst, dan ahli system komputer).
        Ciri dari komputer generasi kedua adalah
  • Mulai menggunakan bahasa pemograman tingkat tinggi yaitu COBOL dan FORTRAN
  • Ukuran fisiknya sudah lumayan lebih kecil dibandingkan generasi pertama
  • Prosesnya sudah lebih cepat
  • Daya yang dibutuhkan lebih kecil dari generasi pertama

3. Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1970)

        Meskipun transistor banyak mengungguli tube vakum, namun transistor banyak mengeluarkan panas sehingga dapat merusak bagian dalam komputer. Lalu batu kuarsa (Quartz rock) dapat menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintregrasi (IC:Integrated Circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan 3 komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari 9 pasir kuarsa.
        Para ilmuwan juga dapat memasukkan banyak komponen chip tunggal yang hasilnya komputer dapat menjadi lebih kecil lagi karena  dapat dipadatkan dengan chip.
       Kemajuan dari Generasi ketiga ini adalah komputer dapat menjalankan beberapa system operasi secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitori dan mengkoordinasi penggunaan memori.
        Ciri dari komputer generasi ketiga adalah
  • Ukuran sudah mulai mikro/berbentuk Chip
  • Ukuran fisik komputer sudah lebih kecil
  • Harganya menjadi lebih murah
  • Kapasitas memori sudah mulai banyak
  • Kemampuan bisa melakukan multi tasking atau menggunaan progran dalam jumlah banyak secara serentak
Contoh dari komputer generasi ketiga ialah UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, IBM S/360, UNIVAC 1108, GE 600, CDC 3000, 6000, NCR Century, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11.


4. Komputer Generasi Keempat (1970 - 1982)

        Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengeclkan ukuran sirkuit dan komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah komponen tunggal. 
        Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang jutaan komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keeping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal itu menyebabkan meningkatnya daya kerja, efisiensi, dan keterandalan komputer. Chip intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer dalam sebuah chip yang sangat kecil.
        Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan pnggunaan Personal Komputer(PC) untuk penggunaan di rumah,kantor dan sekolah. IBM PC bersaing dengan Aplle Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena menghasilkan system grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.
        Ciri dari komputer generasi keempat:
  • Menggunakan LSI (Large Scale Integration)
  • Dikembangkan dengan semi chip yang sangat kecil atau microprosessor
  • Contoh dari komputer generasi keempat: AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II.

5. Komputer Generasi Kelima (1982 - Sekarang)

        Mungkin kalau Komputer generasi kelima kalian pada tahu, dari apa yang sedang kalian pakai itu, seperti laptop, handphone, smartphone, komputer desktop,dll. Itu merupakan komputer generasi kelima.
       Dan juga ada yang mengatakan kalau komputer generasi kelima itu adalah komputer masa depan. Setelah IBM-PC diperkenalkan, industri dunia PC sudah mulai banyak dikembangkan oleh berbagai perusahaan. Contohnya Bill Gates yang dipelopori saat ini sebagai ketua Microsoft dan sebagai pionir software dan hardware sedunia.
        Ciri dari komputer generasi kelima:
  • Masih menggunakan LSI namun telah banyak berkembang
  • Fiturnya jadi semakin banyak
  • Prosesnya jadi sangat cepat
  • Chipnya sudah mulai dari intel core i3 s/d intel core i9. Bahkan sampai ada yang lebih banyak lagi.


Demikian yang dapat saya sampaikan, Maaf bila ada banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan. Terima kasih telah menyempatkan membaca..

Referensi:
Buku Computers in Today's World karya Ralph M. Stair, JR
Ebook Sejarah Komputer di e-Library UNIKOM
Opini Sendiri