Software Matematika dalam Komputer


Kali ini saya akan membahas tentang software matematika dalam komputer.
Langsung saja keinti..

1. Turbo Pascal

        Turbo Pascal adalah software yang berfungsi untuk membaca program berbasis bahasa Pascal. Nama Pascal sendiri berasal dari nama asli penemunya yaitu Blaise Pascal sebagai tanda penghargaan kepadanya. Turbo Pascal mampu mengembangkan program sendiri dengan basis Pascal agar bisa digunakan sesuai dengan kehendak pengguna. Penyusun utama dari Turbo Pascal terdiri dari compiler dan Integrated Developing Environment (IDE). Dengan kedua itu, pengguna dapat merubah program sesuai keinginannya. Pada umumnya, Turbo Pascal dijalankan di CP/M, CP/M 86, dan DOS, namun untuk saat ini Turbo Pascal sudah ada Windows versionnya.
        Turbo Pascal memang sangat rumit untuk digunakan, karena pengguna harus benar-benar paham mengenai pemograman Pascal. Bahkan, pemasangan Turbo Pascal pun sedikit rumit untuk dipasangnya. Pengguna harus memiliki emulator DOS dulu sebelum memasang Turbo Pascal. Karena Turbo Pascal hanya dapat dijalankan jika ada emulator DOS.

2. Delphi
        Delphi merupakan sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan software/perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh Borland. Dengan dasar dari Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat digunakan untuk membuat program yang dapat dijalankan di Mac OS X dan Windows CE. Keunggulan produk ini adalah dari segi produktivitas, kualitas, pengembangan software, kecepatan kompilasi, pola desain yang menarik serta dilengkapi dengan pemograman yang terstruktur.
        Aplikasi yang dapat dibuat dari Delphi ini bisa seperti program matematika, energi kinetik, phytagoras dan gerak peluru.

3. Matlab
        Matlab adalah singkatan dari Matrix Laboratory, yang merupakan bahasa pemograman yang dikembangkan oleh Mathwork Inc dengan fungsi dan karakteristik yang berbeda dibandingkan bahasa pemograman yang sudah ada seperti Delphi, C++, dll.
        Matlab merupakan bahasa pemograman tingkat tinggi yang digunakan khusus untuk kebutuhan komputasi teknik, visualisasi dan pemograman seperti komputasi matrik, analisis data, pengembangan algoritma, simulasi permodelan dan grafik perhitungan.
        Biasanya, dilingkungan perguruan tinggi teknik, Matlab merupakan perangkat standar untuk memperkenalkan dan mengembangkan penyajian materi matematika. Dan di dunia Industri, Matlab digunakan sebagai perangkat pilihan untuk penelitian dengan produktifitas tinggi. pengembangan dan analisa.
        Secara umum, kegunaan Matlab ialah
1. Matematika dan komputasi
2. Perkembangan algoritma
3. Pemodelan, simulasi, dan pembuatan prototype
4. Analisa data, eksplorasi dan visualisasim.
5. Pembuatan aplikasi, termasuk pembuatan antar muka grafis.

4. Geogebra

        Geogebra adalah software/perangkat lunak yang dikembangkan oleh  Markus Hohenwarter pada tahun 2001. Geogebra dapat diunduk oleh siapa saja di www.geogebra.com. Software ini sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Di dalam pwrangkat lunak Geogebra kita dapat melakukan pembelajaran atau pembuatan geometri, aljabar, kalkulus, mencari turunan fungsi dan menghitung luar bawah kurva.

Referensi:
Macam-Macam Software Matematika
Mengenal Software Matlab
e-Book Mengenal Geogebra Universitas Surabaya