Tokoh-Tokoh Matematika dalam Perkembangan Komputer

Hai kawan-kawan, kali ini saya akan membahas sesuai dengan judul postingan ini, yaitu Tokoh-tokoh Matematika dalam Perkembangan Komputer.
Langsung saja dibahas ya..

1. John Napier
        John Napier adalah salah satu orang yang berkontribsi dalam perkembangan komputer. Riwayat John Napier adalah anak yang dilahirkan dari pemilik yang kaya raya serta Ibu seorang politisi dan hakim terkenal pada saat itu. John Napier lahir pada tanggal 1 Februari 1550. Dia adalah seorang matematikawan muda yang memulai studinya pada saat berumur 13 tahun di Universitas St. Andrews. Namun, dia pergi tanpa mengambil gelarnya, sebab dia pergi untuk melanjutkan studinya di Prancis dan Itali.
        John Napier sebenarnya bukan seorang matematikawan profesional, namun dia memiliki minat ke astronomi. Tetapi, di astronomi, saat dia sedang melakukan perhitungan yang sangat panjang hingga berhari-hari, setelah 20 tahun John Napier memunculkan konsep Logaritma yang dapat memudahkannya melakukan perhitungan yang sangat panjang.
        John Napier percaya bahwa setiap angka yang besar dapat ditulis dalam bentuk kekuatan, yang saat ini disebut eksponensial.
                                                                                      3
        Misalkan ketika angka 8 = 2   
Angka 2 ketika ada tiga, kemudian semuanya dikalikan, maka akan terbentuk nilai yang besar yaitu 8.
        Kemudian, dari situlah ia membuat istilah Logaritma, yang berasal dari bahasa Yunani, logos yang artinya proporsi, dan arithmos yang artinya angka masing-masing.  Alat hitung yang dibuat untuk menghitung Logaritma menggunakan Napier's Bone atau tulang kayu yang dipahat.
        Karya yang ia keluarkan adalah Mirifici Logarithmorum Canonis Descriptio (Penjelasan Tentang Tabel Logaritma Indah).

2. Wilhelm Schickard
        Schickard lahir di Herrenberg dan bersekolah di Universitas Tubingen, menerima gelar pertamanya GA pada tahun 1609 dan MA pada tahun 1611.
        Penelitian yang dilakukannya sangatlah luas, seperti astronomi, matematika, dan survey. Banyak mesin yang ia ciptakan, salah satunya adalah mesin untuk menghitung jadwal astronomi, dan juga ia membuat suatu kemajuan, sampai ia membuat peta, memproduksi dan bahkan menjadikan peta itu lebih akurat lagi.

3. Blaise Pascal

        Blaise Pascal adalah seorang matematikawan Prancis, fusikawan, penemu, penulis dan filsafat kristen. Pascal adalah orang pertama yang membuat kalkulator mekanik. Pascal adalah seorang matematikawan penting, membantu menciptakan dua daerah baru utama penelitian: Pada usia 16 tahun, ia menulis risalah yang signifikan pada subjek projektif geometri, dan kemudian berhubungan dengan Pierre de Fermat pada teori probablitas yang sangat mempengaruhi pembangunan ekonomi dan ilmu sosial
4. Gottfried Wilhelm Von Leibniz

        Gottfried Wilhelm Von Leibniz adalah seorang matematikawan German dan filsuf. Leibniz mengembangkan kalkulus secara independen dari Newton, dan notasi kalkulus saat ini telah banyak digunakan. Beliau juga menjadi salah satu penemu paling produktif dalam kalkulator mekanik.
        
5. Charles Babbage

        Charles Babbage adalah seorang ahli matematika, filsuf, penemu dan insinyur mesin. Beliau dianggap sebagai "Bapak Komputer" karena ia adalah orang yang pertama menemukan komputer mekanis, yang akhirnya  menyebabkan desain yang lebih kompleks.

6. Herman Hollerith

        Herman Hollerith adalah seorang statistik Amerika dan penemu yang mengembangkan tabulating machine berdasarkan kartu perforasi untuk mempercepat tabulating statistik dari jutaan bagian data. Dia juga pendiri TMC (Tabulating Machine Company) yang telah berubah menjadi IBM setelah mengalami beberapa penggabungan.Beliau dikenal sebagai Bapak modern mesin pengolahan data.

7. Alan Turing

        Alan Mathison Turing adalah seorang peneliti matematika dan komputer, dan pahlawan perang inggris. Dia adalah seorang peneliti komputer digital modern pertama yang berpikir bahwa penggunaan komputer digunaka untuk berbagai keperluan dan komputer dapat menjalankan berbagai program. Kemudian dia juga memberikan ide tentang mesin turing, yaitu mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah

Referensi: